Rabu, 25 November 2009

UJIAN MOMOK YANG MENAKUTKAN

Ujian bukan hal yang baru lagi bagi semua orang, meskipun sudah tergolong hal yang lawas didengar tapi tetap aja bagi yang melaksanakan UJIAN itu jadi MOMOK YANG MENAKUTKAN , Semua pengen lulus dengan hasil memuaskan tapi cara dan penerapan yang kurang yang bisa menjadikan kita lulus dengan nilai yang down. Yang dulunya suka bolos, raja tidur, tawuran? ,apa mungkin dapat LULUS??

Menurut Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 153/U/2003 tentang Ujian Akhir Nasional Tahun Pelajaran 2003/2004 disebutkan bahwa tujuan UAN adalah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik melalui pemberian tes pada siswa sekolah lanjutan tingkat pertama dan sekolah lanjutan tingkat atas. Selain itu UAN bertujuan untuk mengukur mutu pendidikan dan mempertanggungjawabkan penyelenggaraan pendidikan di tingkat nasional, provinsi, kabupaten, sampai tingkat sekolah.


UAN berfungsi sebagai alat pengendali mutu pendidikan secara nasional, pendorong peningkatan mutu pendidikan secara nasional, bahan dalam menentukan kelulusan peserta didik, dan sebagai bahan pertimbangan dalam seleksi penerimaan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. UAN merupakan salah satu bentuk evaluasi belajar pada akhir tahun pelajaran yang diterapkn pada beberapa mata pelajaran yang dianggap penting, walaupun masih ada perdebatan tentang mengapa mata pelajaran itu yang penting dan apakah itu berarti yang lain tidak penting. Benarkah bahwa matematika, IPA, dan Bahasa Inggris merupakan tiga mata pelajaran yang paling penting?

Pertanyaan yang muncul adalah apakah sistem evaluasi dalam bentuk UAN dapat menjawab semua informasi yang diperlukan dalam pencapaian tujuan? Apakah UAN dapat memberikan informasi tentang keimanan dan ketakwaan peserta didik terhadap Tuhan Yang Maha Esa? Apakah UAN dapat menjawab tingkat kreativitas dan kemandirian peserta didik? Apakah UAN dapat menjawab sikap demokratis anak? Dapatkah UAN memberikan semua informasi tentang tingkat ketercapaian tujuan pendidikan yang telah ditetapkan tersebut?

Trus apa gunanya jika bocoran UAN udah banyak beredar masyarakat. ? ?, buktinya tak sedikit orang tua, guru ataupun siswanya sendiri yang berusaha mencari bocoran disana-sini. Apapun bisa dilakukan biar bisa lulus, buat contekan semalem penuh, calling temen-temen yang bisa kasih jawaban, cari dukungan dari guru-guru yang bisa bantu menjawab soal nantinya meskipun nantinya mereka akan keluarin duwit banyak untuk bisa lulus dengan nilai yang memuaskan..!!!, yahhh, itulah anak-anak sekarang (meskipun aku dulu juga gitu, hehehe. peace bro) apalagi di dunia cyber, wihhhh banyak banget soal plus kunci jawaban yang tersedia. kalian bisa liat atau klik disini, banyak soal yang bisa kalian ambil disana. inget.!! ini bukan sesuatu yang bisa kalian jadikan acuan dalam UAN nanti tapi ini adalah sebuah soal yang diharapkan bisa memacu dan memotivasi diri sendiri. ini bukan sebuah bocoran tapi sebuah acuan ..... semoga LULUS semua.... amien!

Download soal UJIAN SMA disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar